Home » » mobil bersayap

mobil bersayap


Dari melihat flim malikat tanpa sayap dan  transformator ,jadi terupsesi pengen nulis, apakah bisa ia sebuah kendaraan khususnya  Mobil menggunakan sayap,trus dalam  pemikiran kita pasti ,mobil tersebut bias terbang di atas permukaan laut,bisa terbang di atas hutan,bisa terbang di atas bangunan bertingkat dan bisa terbang juga di atas keramaian kota.mungkin kah hal itu bisa!,menurut saya mungkit saja bisa terjadi karena dunia teknologi dewasa ini makin canggih seperti halnya sebuah helicopter kenapa dia kok bisa terbang dan lebih exstrim lagi helicopter tanpa awak yang ini semua adalah  mengadopsi antara Mechine,electrical,dan informatics atau lebih di kenal sekarang dengan sebutan mecatrónica.yang semua komponen-komponen di dalamnya terdapat:


1 Sensor dan Transduser
Sensor. Ini adalah elemen yang bertugas memonitor keadaan objek yang dikendali.Sensor ini dilengkapi dengan rangkaian pengkondisi sinyal yang berfungsimemproses sinyal listrik menjadi sinyal yang mengandung informasi yang bisadimanfaatkan.

2. Aktuator
            berfungsi mengkonversi energi dari energy listrik ke energi mekanik. Bentuk konkrit aktuator ini    misalnya: motor listrik, tabung hidrolik, tabung pnematik, dan lain sebagainya.

3.Kontroler
            Adalah elemen yang mengabil keputusan sesuai dengan keadaan objek kendali referensi yang di terima dari sensor untuk di proses oleh kontroler selanjutnya di perintahkan perangkat lain  untuk bekerja.

4. Mekanisme mesin. Ini adalah objek kendali yang bisa berupa lengan robot, mekanisme penggerak otomotif, generator pembangkit listrik dan lain sebagainya.
Dari perangkat-perangkat mecatrónica di atas kita dapat membuat sebuah pernyataan bawasanya kita itu sebenarnya bisa membuat hal yang mungkit masih dalam dunia hayalan,namun itu adalah hal yang logis dan masuk akal,timbul sebuah pertanyaan? Kenapa bangsa barat di sana kok bisa membuat sebuah alat yang canggig-canggih seperti rudal,pesawat tanpa awak,roket penembus bulan dan yang lain masih banyak.tapi kenapa kita bangsa Indonesia tidak bisa berbuat yang serupa seperti halnya Negara-negara barat, Seperti hal kita punya sosok seorang ilmuan yang cerdas! Beliau taka sing lagi di jaman orde baru yaitu Bapak BJ Habibi, beliau adalah seorang ilmuan yang hebat yang bisa merancang pesawat,pada saat itu Indonesia sempat membuat pesawat N250 dan sempat melakukan penerbangan perdana di landasan bandara Husein Sastranegara, IPTN Bandung dan mendarat secara sempurna,pada tahun 1995 tujuh belas tahun yang lalu Indonesia melayang bersama pesawat N250.namun impian itu hanya sampai N250 karna ada dunia perpolitikan pabrik IPTN bandung tutup karena tidak ada biaya untuk beroperasi dari perintah.


 Untuk itu kita sebagi pemuda penerus bangsa hendaknya mulai dari masih duduk di bangku kuliah ini mari kita gugah semagat kita untuk bisa berinovasi yang lebih untuk negeri yang tercinta ini,inovasi-inovasi itu dapat kita ciptakan bukan hanya pesawat terbang ,helicopter,pesawat tempur tapi adalah sebuah kendaraan motor yang bisa terbang ini adalah sebuah impian sanya untuk bisa mewujudkannya di suatu saat nanti.BANGUNLAH DARI MIMPI MU………DAN BUKTIKAN!
BY:purfaji
Arikel ini dapat juga di lihat di blog pribadi saya: http://purfajiulilalbab.blogspot.com

Sumber:
strategi-militer.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment

Resources