Home » » Satu Hari Bersama Orang-Orang Bernyali

Satu Hari Bersama Orang-Orang Bernyali

Sebuah perjalanan yang panjang telah kami lalui dari TIM Jakal Unisi dan MC Unisi Universitas Islam Indonesia, setelah kami berusaha mempersiapkan dari mulai pembuatan yang di mulai dari pertengan bulan November 2014 bersama mereka orang bernyali, kenapa saya bilang orang-orang bernyali, ya mereka sanggup mengorbankan waktu siang dan malam untuk meluangkan waktu mengerjakan project kapal, bahkan sampai lembur di Laboratorium Lab PP sampai subuh pet, salut saya pada mereka semua.

Kerja target di Lab Proses Produksi

Dalam sebuah Tim yang tediri dari beberapa orang, yang mereka memiliki banyak cerita dan hoby yang berbeda, ada yang sebelum memulai pekerjaan mereka main bola pimpong dulu, Biar panas kata @bagusKupet dan @manuk, itulah nama panggilannya. Tapi itulah kebiasaan temen-temen yang membuat saya berfikir sedikit aneh, wong seng sempat-sempatnya waktu udah mepet untuk lomba masih mau main bola pimpong, tapi tidak apalah yang penting membuat mereka seneng dulu sebelum bekerja. Motivasi kami untuk ikut andil dalam kompitisi ini adalah rasa ingin bergerak tidak diam, acuh, semoga dengan dengan ikut bergerak dan ikut andil dalam kompitisi dapat mengharukan nama Universitas Islam Indonesia sekarang dan ke depannya, lika liku perjalan tim kami bukan sampai disitu saja, banyak ditengah perjalan kami mendapatkan kendala terkait dengan pendanaan, tidak mungkin suatu ajang perlombaan bisa jadi tanpa adanya suatu dana.
  Pengajuan proposal dana telah kami layangkan ke Dekanat dan ke Rektorat sebesar 5.600.000, Alhamdulillah yang dari Rektorat satu minggu dana langsung turun sebesar Rp 2.500.000,Wah lumayan, tapi masih kurang banyak ni :) , Nah yang dari Dekanat diberi waktu 5 hari bahwa dana akan turun katanya dari pihak Dekanat, pas hari ke lima saya samperin, dananya turun, Cuma jumlahnya tidak diketahui dan di ambilkan dari pos Teknik mesin pula, dalam pikiran saya, saya mengajukan ke Dekanat kok Malah diambilkan dari pos Jurusan Teknik Mesin, Aneh banget ni petugasnya. Perjungan saya tidak putus disitu saja, saya langsung menemui pihak jurusan, lebih pasnya pak kajur, menanyakan dan meminta penjelasan terkait al tersebut, Alhamdulillah dari jurusan membantu untuk mengklarifikasi ke pihak dekanat, bahwa pengajuan dan tersebut di tujukan ke Dekanat bukan ke jurusan, mendengar pak kajur mentelefon pihak dekanat dan akhirnya pun dana fixs turun sebesar Rp 2.000.000, rasa terimaksih yang sangat besar kepada bapak Risdiyono selaku kajur kami yang telah membantu melancar prolehan dana dari Dekanat. 
    Selanjutnya kami melakukan pembelanjaan alat yang dibtuhakan dalam pembuat RC Boat yang lombanya bertemakan DECONBOTION 2015 UNDIP Semarang Patrol Boat, dalam proses pembelanjaan kami pun mengalami kecelakaan kecil yaitu di bohongi, tapi tidak masalah, bagi saya rizki itu sudah ada yang mengatur dan kita ikhlaskan saja, Insyaallah Allah akan menggantikan yang lebih banyak lagi :) . Oh ya samapi lupa kami sangat berterima kasih sekali kepada bapak Mohammad Faizun selaku dosen pembimbing kami yang selalu mengAcc proposal kami dan membimbing kami selam proses pembuatan. Hari demi hari pun telah berlalu kapal dari Tim jakal Unisi dan MC Unisi pun telah rampung dibuat, hingga H-4 acara kompisi RC Boat UNDIP Semarang, hingga melakukan uji tes kapal di tambak ikan, samapi 3 kali uji. Alhamdulillah pengujian pertama sampai pengujian ke tiga telah kami lakukan perbikan. 
    Pada pengujian ke tiga kapal kami mengalami insiden kecelakaan tutup kapal mengalaimi pecah karna drivernya yang masih amatiran :) si Manuk sang driver amatiran, hingga eletrik kapal mandi air semuanya, wah kami pun langsung mengakatnya dan membersihakan, pada ke esokan harinya pas sudah H-2 kami mencoba lagi kapal tersebut al hasil, elektik kapal mengalami kebakaran jenggot.... eh kebakaran kabel maksunya, karna sebelumnya elektrik mandi air, mungkin konslet kalinya elektriknya, kami pun sudah mulai panik, sudah H-2 malah eletriknya bermasalah, langkah selanjunya kami mencoba membongkar komponen elektrik dan mengcompresor hingga endapan airnya hilang dari komponen tersebut. Alhamdulillah al hasil elektiknya masih bisa selamat dari terbekarna kabel sebelumnya, hikmahnya ketika elektik kapal tercelup air jangan langsung di gunakan tapi keringkan dulu hingga bener-bener kering air di komponen eletrik tersebut. H-1 satu pun telah tiba kami dua Tim, Jakal Unisi dan MC Unisi berangkat dari kampus tercinta UII pada jam 9.30 malam hingga samapi semarang jam 11.30 malam, perjanan yang cukup melelahkan di tambah diguyur hujan di sepanjang jalan jongja-semarang, tapi alhamdulillah sesampainya di semarang kami mendapat tempat tidur gratis, itu untungnya banyak temen, dimana pun kita berada bisa hidup gratis, makanay jaga selelu silatrahim dan perbanyak temen :) . Pagi hari pun telah tiba menandakan hari H telah tiba kami awali dengan bagun pagi dan solat shubuh, perjalan selanjutnya cari sarapan pagi di kota lumpia tersebut, alhamdulillah dapat burjo nasi telor dadar... nikmat banget :) . Selanjunya kami melanjutkan perjalan ke area tempat perlombaan di laksanakan di kolam graha estetika. Nama keren bangetnya tapi tempatnya banyak enceng gondoknya cocok banget buat yang hobi mancing mania disana sudah berjibun orang baik dari peserta yang berdatangan lomba ini di ikuti 42 Tim dari seluruh kampus se-indonesia.
Suasana Tempat Race Kapal DECOBOTION 2014 UNDIP
Tepat pikul 09.00 race dimulai, Tim MC Unisi dan Jakal Unisi mendapati urutan race ke 5 dan ke 10, Alhamdulillah 2 kali race kapal kami tidak mengalami kendala sama sekali, Cuma dari tim kami masih kurang dari segi kecepatannya sehingga berpengaruh terahadap waktu tempuh akhir, karna penilainya diambil waktu tercepat dari dua kali race yang dilakukan. Tapi alhamdulillah dapat pebngalam baru, “Pengalaman Adalah Guru Terbaik”. Bagi saya kalah menah bukan suatu keharusan yang mutlak tapi yang terpenting adalah prosesnya dan ilmu yang mengalir yang didapatkan dari proses tersebut. Semoga kedepanya kami dari Tim Jakal Unisi dan MC Unisi dapat menorehkan prestasi yang lebih baik lagi. Amin.... ya Allah :) , Sekali lagi ucapan terimakasih kepada Bapak Harsoyo selaku rektor UII, Bapak Adul Jamil selaku rektor 3 bagian kemahasiswaan, Bapak Risdiyono selaku Kajur Teknik Mesin UII, Pak Mohammad Faizun selaku dosen Pembimbing Tim Jakal Unisi dan MC Unisi, dan tak telupakan juga temen-temen seperjunagan Tim Jakal Unisi dan MC Unisi ( Bagus “kupet”, Fadi “manuk”, Fasa, Wisnu, Pras),ridho sang driver kami yang handal dari jogja-semarang PP, seta temen civitas akademi UII. Terima kasih semua atas Do’anya. Insyaallah Tim Jakal Unisi dan MC Unisi adakan berpartisipasi lagi dalam ajang lomba Nasdar ITS 2015 bulan Maret mendatang, mohon Do’anya :) .
Kapal Tim Jakal Unisi
Tim Jakal Unisi, Mc Unisi dan Pak Vendi
Meriahnya Pembagian Hadiah 

http://mechanical.uii.ac.id/id/kabar-teknik-mesin/berita/387-tim-kapal-teknik-mesin-turut-mengikuti-kompetisi-boat-rc-deconbotion-2015.html

0 comments:

Post a Comment

Resources